Minggu, 07 Februari 2016

Resensi Novel " Sleeping Ugly "



Sebelumnya, terimkasih kepada kakak Margaretha Lydia yang telah mau membalas pertanyaan saya lewat email^^ Ternyata Margaretha Lydia baik hati dan tidak sombong..
 
Putri Tidur
Oleh : Reztika Cahyani



Judul buku             : Sleeping Ugly
Penulis                   : Margaretha Lydia
Penerbit                : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun cetakan       : 2011
Tebal                     : 216 halaman
Panjang                  : 20 cm

          Novel Sleeping Ugly karya Margaretha yang merupakan adaptasi dari cerita dongeng Sleeping Beauty yang di apik dengan alur cerita yang berbeda. Terinspirasi dari seseorang yang selalu tidur disembarang tempat meceritakan seorang gadis yang bernama Aurora yang memiliki seorang putri yang bernama Tiara. Tiara seakan mendapat kutukan dari teman ibunya yang bernama Wilda. Tetapi, Ibunya dan Wilda hanya menganggap lelucon, hingga suatu saat Aurora ibunya Tiara mengalami kecelakaan dan meninggal. Tiara sangat terpukul dan ia berlari ke halaman belakang dan tertusuk duri bunga mawar dan Pluk !!! ia tertidur.
          Dari sinilah Tiara menjadi suka tidur. Ia pun melanjutkan sekolahnya dengan Homeschooling hingga saat SMA ia ingin bersekolah disekolah formal yang bernama “ Chateau de la Ange “. Disana ia berteman denan ketua kelas yang perhatian bernama Rebelle. Rebelle sama sekali tidak keberatan dengan penyakit tidur tiara. Rebelle malah membantu menyembuhkan penyakit sahabatnya itu.  Sayangnya tidak membuahkan hasil.
          Suatu hari, Tiara yang selalu tidur dimana saja bertingkah seperti zombie dan sambil berjalan.  Tak sengaja seorang pria menjatuhkan ciuman tepat dibibir Tiara, seketika itulah Tiara langsung bangun. Setelah beberapa kali melakukan eksperimen, ternyata ciuman pria yang bernama Lie lah yang bisa membangunkan Tiara. Dan rupanya Lie adalah pacarnya Rebelle sahabatnya Tiara.
          Novel Sleeping Ugly merupakan novel dengan penyampaian cerita yang menarik yaitu dengan menggunakan istilah sehari-hari yang mudah dimengerti oleh para pembaca. Kalimat dalam paragraph disusun secara runtut dan tersusun rapi. Margaretha juga sangat pandai dalam menggambarkan suasana dengan kata-kata yang puitis. Dengan cover nya yang tampak menarik akan memikat hati pembaca.  Sleeping ugly dengan jalan cerita yang jauh berbeda dan sangat unik sehingga layak untuk dibaca dengan unsur komedi dan romantis yang terdapat dalam cerita sehingga pembaca tidak akan merasa bosan. Beberapa sikap tokoh ini pun dapat dijadikan teladan yaitu tokoh yang rajin belajar, persahabatan yang erat, dan kasih saying antar sesama. Akan tetapi, novel ini berisi sesuatu yang sedikit menyimpang, dan sangat tidak baik ditiru oleh pembaca. Salah satunya adalah adegan berciuman dan sifat suka tidur yang tidak baik. Di dalam novel ini juga hanya memiliki konflik yang sama.
          Novel teenlit ini sangat seru untuk dibaca. Jadi, segerakan dirimu untuk membeli novel ini ditoko buku terdekat dan membacanya sesegera mungkin !




0 komentar:

Posting Komentar

 

Our Motivation Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang